HUBUNGAN MUTU PELAYANAN POSYANDU BALITA DENGAN MOTIVASI KUNJUNGAN IBU BALITA

Fransiska Novitasari

Abstract


Adanya keterbatasan dari petugas posyandu serta sarana dan prasarana di posyandu menyebabkan pelaksanaan posyandu belum sesuai, hal ini menyebabkan menurunnya motivasi berkunjung ibu balita yang disebabkan kurangnya mutu pelayanan pada saat posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan posyandu balita dengan kunjungan ibu balita di posyandu Bougenvile Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun 2016.
Desain penelitian ini adalah analitik korelasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tanggal 07 Januari 2016 dengan jumlah populasi sebanyak 72 balita dan sampel sebanyak 32 responden, teknik yang digunakan adalah accidental sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan kolerasi Sperman's Rank.
Hasil penelitian dari 32 responden diperoleh sebagian besar mengkategorikan mutu pelayanan posyandu balita cukup sebanyak 14 responden (43,80%), begitu pula dengan motivasi kunjungan ibu balita mengatagorikan cukup 14 responden (43,80%). Hasil korelasi Sperman's Rank 0,932 dan p < α maka hipotesa kerja (H1 diterima) dan hipotesa nilai (H0 ditolak) artinya ada hubungan antara Mutu Pelayanan Posyandu Balita Dengan Motivasi Kunjungan Ibu Balita, dengan tingkat hubungan kuat.
Kesimpulan ada hubungan antara mutu pelayanan dengan motivasi kunjungan yaitu apabila mutu pelayanan di posyandu balita baik maka akan meningkatkan motivasi ibu untuk berkunjung ke posyandu.
Kata kunci : mutu pelayanan posyandu, posyandu, motivasi

Full Text:

PDF